Tanda Dan Gejala Penyakit Jantung Koroner

Gejala Penyakit Jantung Koroner – Sebagian orang awam tidak menyadari bahkan menganggap sepele terhadap gejala penyakit jantung yang dirasakannya, sehingga penyakit yang dialami baru terditeksi setelah memasuki tahap lanjut bahkan kronis.

Nah, pentingnya kita mengetahui gejala penyakit jantung koroner ini adalah untuk mempermudah mendiagnosis penyakit yang kita alami berdasarkan gejala yang muncul atau dirasakan. Sehingga dapat dilakukan pengobatan yang benar dan tepat. ( Simak disini informasi mengenai Cara Mengobati Jantung Koroner )

5 Tanda Dan Gejala Penyakit Jantung Koroner

Gejala Penyakit Jantung Koroner

Penyakit jantung koroner disebabkan oleh penyumbatan pembuluh darah arteri akibat adanya penumpukan plak. Ada beberapa gejala yang sering terjadi ketita penyubatan terjadi, diantaranya adalah :

  1. Sering Kelelahan
    Jika Anda sering merasa capek atau kelelahan tanpa sebab, itu bisa menjadi tanda bahwa ada masalah pada jantung Anda. Penyakit jantung dapat menyebabkan kelelahan, karena jantung Anda bekerja lebih keras untuk memompa aliran darah melewati pembuluh darah yang tersumbat.
  2. Sering Merasa Pusing
    Pusing juga dapat menjadi gejala penyakit jantung koroner, karena jantung tidak dapat memompa cukup darah ke otak. Biasanya, orang yang memiliki PJK akan gampang merasa goyah atau kliyengan saat berdiri atau melakukan aktivitas seperti biasa.
  3. Nyeri dada (angina)
    Angina adalah nyeri dada yang terjadi ketika area otot jantung tidak mendapatkan cukup oksigen. Angina akan terasa seperti rasa menekan pada dada, yang biasanya akan dirasakan ketika Anda terlalu banyak beraktivitas.
    Selain pada dada, rasa nyerinya juga bisa menjalar ke bahu, lengan, leher, rahang, atau punggung. Namun perlu diingat juga, tidak semua nyeri dada adalah gejala penyakit jantung koroner. Nyeri dada akibat angina juga dapat disertai oleh gejala lainnya, seperti keringat dingin.
  4. Sesak Napas
    Jantung yang tidak berfungsi normal akan berimbas pada kelancaran pernapasan penderitanya, sehingga membuat Anda rentan mengalami sesak napas. Sesak napas gejala penyakit jantung biasanya mungkin terjadi bersamaan dengan nyeri dada.
  5. Keringat dingin dan mual
    Ketika pembuluh darah menyempit, otot-otot jantung akan kekurangan oksigen sehingga menyebabkan suatu kondisi yang disebut iskemia. Kondisi ini akan memicu keluarnya keringat berlebih, yang kemudian muncul sebagai sensasi keringat dingin. Di sisi lain, iskemia juga dapat memicu reaksi mual dan muntah.

Masih ada banyak gejala penyakit jantung koroner, namun 5 gejala penyakit jantung koroner diatas meurapan yang paling signifikan dan sudah mengarah pada diagnosis penyakit jantung koroner.

Bahaya Penyakit Jantung Koroner Yang Tidak Diobati

Selain beresiko kematian, penyakit jantung koroner juga dapat beresiko komplikasi fatal, beberapa komplikasi akibat penyakit jantung koroner diantaranya adalah :

Perlu Anda ketahui bahwa penyakit jantung koroner bukanlah penyakit yang bisa dianggap sepele. Penyakit yang satu ini memiliki tingkat kematian yang cukup tinggi. Oleh sebab itu sangat diperlukan penanganan yang tepat.

Selain mengonsumsi obat jantung secara teratur dengan dosis yang diajurkan, Anda juga sangat disarankan untuk memperbaiki pola hidup menjadi lebih sehat. Langkah-langkah sederhana yang bisa Anda lakukan sebagai bentuk pola hidup sehat adalah :

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan mengenai gejala penyakit jantung koroner. Semoga informasi ini bermanfaat.

3 thoughts to “Tanda Dan Gejala Penyakit Jantung Koroner”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *